Perekonomian Indonesia dalam Perspektif Makro

PEREKONOMIAN INDONESIA (DALAM PERSPEKTIF MAKRO)

ISBN

978-979-15975-2-4

PENULIS

Prof. Dr. H. Amri Amir, SE., MS

SETTING & LAYOUT

Dedin Rohaedin

EDISI PERTAMA

Cetakan Pertama, Desember 2007

Penerbit Biografika

Puri Matahari Persada Blok D No. 1

Laladon, Ciomas, Bogor 16610

Telp. 0251-7522308; Hotline: 082128145328

Buku ini membahas isu-isu perekonomian Indonesia dalam perspektif ekonomi makro mulai dari sistem ekonomi hingga industria-lisasi. Pembahasan dimulai tentang sistem ekonomi yang ada dan yang sedang berkembang saat ini yaitu ekonomi syariah serta sistem ekonomi yang diterapkan di Indonesia. Bab dua mengupas pendapatan nasional, pendapatan nominal dan rril, serta pendapatan per kapita masyarakat Indonesia. Selanjutnya dibahas bagaimana perkembangan struktur ekonomi Indonesia mulai dari awal pembangunan hingga saat ini.

Dalam bab empat dan bab lima, dibahas menyangkut tingkat pertumbuhan ekonomi Indonesia mulai dari era kemer-dekaan hingga era recovery. Dari bab empat dan bab lima ini dapat ambil pelajaran bahwa sumber pertumbuhan ekonomi Indonesia masih didominasi oleh modal dan tenaga kerja, sedangkan kemajuan teknologi sangat rendah perannya. Dibadingkan dengan negara lain, maka peran kemajuan teknologi dalam perekonomian Indonesia masih sangat rendah.

Masalah kemiskinan, distribusi pendapatan dan upaya-upaya untuk mengatasinya merupakan agenda yang telah dideklarasikan oleh PBB melalui Mellenium Development Goals (MDGs). Untuk mengetahui bagaimana kondisi kemiskinan, distribusi pendapatan dan perkem-bangannya di Indonesia dapat disimak pada bab tujuh. Sedangkan bab delapan dan bab sembilan membahas tentang konsumsi masyarakat Indonesia dan investasi di Indonesia.

Isu lain yang menarik dan penting untuk dibahas adalah menyangkut kemiskinan, tingkat konsumsi, pengeluaran pemerintah Indonesia dan ketenaga kerjaan. Dalam ketenaga kerjaan, juga dibahas masalah pengangguran dan kaitannya dengan tingkat pertumbuhan ekonomi. Yang tidak kalah pentingnya untuk dibahas adalah masalah hutang luar negeri dan otonomi daerah. Buku ini ditutup dengan membahas tentang industrialsasi di Indonesia setelah pembahasan perkembangan ekspor-impor dan pembangunan pertanian di Indonesia.

Satu Balasan ke Perekonomian Indonesia dalam Perspektif Makro

  1. johannessimatupang mengatakan:

    Yth. Prof Amri.
    Sebagai catatan kecil dari hasil pelluncuran buku yang dilakukan oleh FE Unja, saya menyarankan:
    1. Buku ini dapat diperkaya dengan memberikan contoh-contoh aplikasi konsep pembangunan yang terjadi secara lokal. Bila contohnya menyangkut Jambi, saya akan support karena ini sumbangsih kita sebagai akademisi.
    2. Selain itu, perlu ditambahkan juga pendekatan yang berpresfektif global dengan kajin yg lebih dalam.

    Di atas segalanya itu, Fakultas Mengucapkan Selamat. Ke depan menulis lebih banyak lagi lebih maju lagi FE tercinta kita ini.

    Pak. Jo.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: